Senin, 27 Desember 2010

Tips Selalu Tampil Cantik

Sudah banyak literatur yang mengatakan pentingnya untuk berdiri tegap, percaya diri, dan berpikiran positif agar terlihat lebih menarik. Tetapi, di samping itu semua, penampilan dan kecantikan fisik juga harus tetap dijaga. Ketika Anda menjaga penampilan sebaik mungkin dan tahu bahwa Anda sudah menjaga tubuh akan menambah kepercayaan diri.

Tak perlu perawatan yang mahal dan rumit. Para ahli di situs WebMD menyarankan agar kita, para perempuan menjaga kecantikan dengan perawatan mendasar yang penting untuk tampil cantik dan merasa menarik tanpa keluar banyak uang. Berikut tipsnya:

Tips Selalu Tampil Cantik

1. Jangan remehkan kosmetik ini
Apa pun jenis kulit Anda, kering, normal, bahkan berminyak sekalipun, Anda tetap butuh satu kosmetik terpenting; pelembap yang tepat! Menurut pimpinan American Society of Dermatologic Surgery, Rhoda Narins, MD, kadang yang dibutuhkan seseorang untuk tampil senantiasan cantik hanyalah pelembap bagus yang tepat dengan jenis kulit dan pembersih wajah ringan. Karena, ketika wajah kering, setiap kerut pun akan terlihat dan malah membuat wajah terlihat lebih tua.

Untuk Anda yang berusia 20-30an, disarankan untuk selalu mengenakan pelembap guna memproteksi kulit dari penuaan dini. Pelembap yang baik akan menambahkan sedikit kelembapan, menutup kulit agar memproduksi kelempaban sendiri, dan harus dipastikan pelembap yang digunakan adalah jenis yang sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing orang.

Jika kulit Anda normal cenderung kering, pilih pelembap yang mengandung Alpha Hydroxy Acids, untuk membantu kulit memproduksi pelembap sendiri. Untuk kulit sangat kering, disarankan untuk mencari produk yang memiliki teknologi emulsi vesikular, yang menggunakan teknologi mikroskopis untuk mengubah lapisan pelembap dan air, secara perlahan ia akan dikeluarkan perlahan, sehingga kulit terus menerus dilembapkan.

Untuk kulit berminyak, carilah pelembap ringan, namun jangan melewatkan langkah ini. Minyak pada wajah bukanlah pelembap, dan meski kulit Anda sangat berminyak sekalipun, Anda tetap butuh pelembap.

2. Jangan lupakan tabir surya
Agar Anda tak harus mengeluarkan uang jutaan rupiah demi operasi plastik atau membeli krem pelawan tanda-tanda penuaan, sedari dini, gunakanlah tabir surya. Tak hanya membantu melawan kanker kulit, tabir surya juga membantu menjaga kulit muda lebih lama berkat kemampuannya melawan sinar merusak yang dimiliki matahari.

Sinar matahari merusak produksi kolagen pada kulit. Tanpa kolagen, kulit tak akan bisa secara alami menjaga penampilan kenyal, lembap, muda, dan bebas kerut. Terlalu banyak terpapar sinar matahari akan membuat kulit berkeriput lebih cepat dari seharusnya. Hanya butuh paparan beberapa menit sehari, jika dikumpulkan bertahun-tahun, kulit Anda akan menua sebelum waktunya. Tak hanya keriput, tapi juga bintik hitam, noda, bahkan pembuluh darah yang sangat terlihat. Disarankan menggunakan tabir surya ber-SPF 15 atau lebih, dan aplikasikan lagi setiap 1-2 jam.

3. Pilih yang tepat
Buat yang sering menggunakan pembersih wajah tipe sabun, sebaiknya pikir baik-baik lagi. Para dermatolog setuju, pembersih kulit yang paling tepat adalah yang lembut, dan sabun termasuk yang keras. Apalagi jika Anda tipe yang suka mencuci wajah dengan sabun berkali-kali dalam sehari karena merasa berminyak, perlu diketahui, tak hanya minyak yang Anda buang, tapi juga lapisan pelindung kulit. Padahal lapisan pelindung itu adalah yang menjaga kulit tetap sehat, kenyal, dan lembap. Solusinya, cukup bersihkan wajah 2 kali sehari dan pilih pelembap yang tepat dan lembut.

4. Pilih alat yang sesuai
Anda bisa saja membeli kosmetik dekoratif termahal yang pernah ada, foundation terbagus di pasaran, atau blush on tercantik, tetapi jika alat yang ada tidak cukup bagus, kegunaannya akan percuma.

Bulu-bulu pada kuas seharusnya terasa lembut dan ringan pada kulit, tetapi juga mampu menyapukan produk pada kulit dengan baik. Ketika Anda mencolek kuas dalam pemulas pipi atau eyeshadow dan terlihat bubuknya berjatuhan sebelum Anda menorehkan pada wajah, sudah dipastikan kuas itu tidak bagus.

5. Update penampilan setiap 2 tahun
Jangan sampai Anda bertemu teman SMP atau SMA yang mengatakan, "Ya ampun, kamu enggak berubah sedikit pun!"

Menurut Nick Chavez, penata rias para selebriti Hollywood, idealnya seseorang mengubah imej dengan penampilan baru setidaknya setiap 2 tahun, dan lebih cepat jika gaya atau tren di luaran sana berubah dramatis. Tak ada yang membuat seorang wanita terlihat lebih tua ketimbang penampilan kuno. Jangan ragu untuk bertanya kepada para petugas gerai kecantikan atau petugas salon mengenai tren terkini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar