Kamis, 12 April 2012

Nonton Video Perakitan iPad

Anda pasti sudah tahu apa itu iPad bukan. Kalo belum iPad adalah sodaranya iPhone, dimana produk ini adalah produk dari sebuah perusahaan besar, yaitu Apple. Seperti yang kita ketahui juga, produk Apple ini selalu menjadi produk yang dinantikan oleh masyarakat. Selain menggunakan teknologi yang canggih, brand Apple juga menjadi salah satu merk yang bisa meningkatkan gengsi seseorang.

Nonton Video Perakitan iPad

Sudah bukan rahasia lagi, perusahaan-perusahaan besar sudah banyak yang membangun pabrik di China agar biaya produksi lebih rendah, sehingga harga jual bisa di minimumkan agar menjangkau lebih banyak pasar, dimana perusahaan Foxconn yang merupakan pemanufaktur produk Apple terletak di propinsi Shenzen.

Ok, lanjut pada topik kita. Tidak sembarang orang bisa memasuki pabrik pembuatan iPad ini. Isu eksploitasi para pekerja pabrik Foxconn, yang merupakan pemanufaktur produk Apple, menarik perhatian banyak wartawan untuk meliputnya. Namun, tak semua wartawan diberi kesempatan masuk ke pabrik Foxconn.

Rob Schmitz dari stasiun radio publik Amerika, Marketplace, menjadi salah seorang wartawan yang beruntung karena diberi kesempatan meliput dan masuk ke lini produksi iPad dalam pabrik Foxconn di kota Shenzhen, China.

Selama kunjungan, Schmitz memanfaatkan kesempatan itu dengan merekam video aktivitas para pekerja yang merakit tablet iPad dari Apple. Bukan hanya aktivitas para pekerja di luar pabrik, melainkan juga di dalam pabrik.

Kepala Biro Marketplace di Shanghai itu berhasil merekam bagaimana hardware-hardware iPad dipasangkan, seperti motherboard, layar sentuh LED, sampai uji coba apakah iPad menyala dengan sempurna atau tidak.

Video yang diunggah ke YouTube pada Rabu (11/4/2012) itu juga menyajikan pemandangan bagaimana pekerja Foxconn berolahraga seusai bekerja pada sore hari. Kebanyakan pekerja Foxconn tinggal di asrama yang telah disediakan oleh perusahaan asal Taiwan itu.

Meski sangat singkat durasinya dan tak bisa menggambarkan keseluruhan proses perakitan iPad, tetapi setidaknya berhasil mengungkap fakta bahwa iPad tak sepenuhnya dirakit oleh manusia.

Selain itu, Foxconn yang digambarkan "sangat kejam" ternyata masih menyediakan fasilitas olahraga untuk karyawannya.

Mari kita Nonton Video Perakitan iPad berikut ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar