Sabtu, 01 Januari 2011

Memilih Alas Kaki yang Tepat

Memilih Alas Kaki yang TepatMemilih alas kaki yang tepat, selain untuk kenyamanan, juga baik untuk kesehatan, di antaranya untuk mengurangi risiko nyeri punggung. Jangan bertaruh dengan sepatu indah yang menyiksa Anda.

Alas kaki atau sepatu bukanlah sekadar alas kaki yang akan melindungi kaki dari kotoran. Alas kaki juga bukan hanya sebuah aksesori yang membuat Anda tampil penuh gaya.

Alas kaki ternyata erat berhubungan dengan kesehatan. Pilihan sepatu yang tidak tepat bisa membuat masalah kesehatan. Salah satunya meningkatkan risiko nyeri punggung. Nyeri punggung saat ini banyak dialami oleh siapa saja. Entah itu pria, wanita, dewasa, bahkan ada beberapa anak yang mengalami penyakit ini.

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya nyeri punggung, seperti duduk terlalu lama dengan posisi yang salah, bisa menimbulkan nyeri punggung. Selain itu keluhan lain seperti pinggang terasa sakit yang memberi tanda bahwa sesuatu yang tidak beres terjadi dalam tubuh.

Pakar menyebutkan, salah satu penyebab terjadinya nyeri punggung atau tulang belakang ialah pada kesalahan memilih alas kaki yang tidak tepat. Memilih alas kaki ternyata tidak harus pas di kaki, juga harus diperhatikan tingkat kenyamanan dan keamanannya, karena pemilihan alas yang tepat akan menjadikan kaki sehat.

Kondisi kaki yang sehat, sangat mendukung kegiatan sehari-hari setiap orang. Oleh sebab itu, pemilihan alas kaki pun harus diperhatikan.

Pemilihan alas kaki yang tidak tepat dapat mengakibatkan beragam penyakit, seperti cedera, mulai cedera otot sampai cedera pada tulang, termasuk pada tulang belakang. Kenyamanan alas kaki yang digunakan oleh para wanita khususnya, menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan.

Seringnya penggunaan alas kaki dengan hak yang tinggi, seperti high heels, terkadang menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan beberapa wanita saat menggunakannya.

Dikatakan oleh seorang biomechanical engineer, Dr David Cook, banyak wanita mengeluh memiliki selulit dan postur tubuhnya kurang bagus karena terlalu sering mengenakan sepatu hak tinggi. Sepatu demikian membuat tulang pinggang maju sehingga lama-kelamaan menyebabkan tulang punggung sakit, termasuk nyeri pada bagian lutut dan telapak kaki.

Itu sebabnya, David selalu menyarankan untuk terus menggunakan alas kaki seperti sandal, dengan pilihan yang tepat. Pemilihan sandal yang tepat, selain baik untuk kesehatan, juga dapat memperbaiki postur tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar