Jumat, 30 Maret 2012

Kenaikan BBM Ditunda

Hasil rapat paripurna mengatakan Kenaikan BBM yang di isukan pada tanggal 1 April 2012 di tunda. Dan dikatakan tidak akan terjadi kenaikan dalam waktu dekat ini. Tidak jadinya kenaikan BBM mungkin ada risiko fiskal dikarenakan subsidi yang harus ditanggung pemerintah semakin besar. Namun Jika harga minyak dunia naik lagi memungkinan kenaikan BBM tidak dapat di hindari.

kenaikan bbm 1 april 2012 di tunda

Naik atau tidaknya harga BBM bersubsidi akan bergantung pada perhitungan selisih antara realisasi harga rata-rata minyak mentah Indonesia (ICP) selama enam bulan terakhir dan asumsi ICP yang dipatok dalam APBN-P 2012. Asumsi ICP yang dipatok yakni sebesar 105 dollar AS per barrel. Sementara selisih realisasi dan asumsi disetujui sebesar 15 persen.

Bambang menyebutkan, tidak naiknya harga BBM dalam waktu dekat karena ketentuan deviasi sebesar 15 persen dengan melihat kondisi enam bulan terakhir belum terpenuhi.

Sekalipun harga BBM tidak jadi naik dalam waktu dekat, Bambang mengatakan subsidi energi, khususnya BBM, mungkin berlebih. Namun, pemerintah masih bisa mengantisipasinya. "Ya pasti ada (risiko fiskal). Subsidi mungkin berlebih, tapi masih bisa. Tapi intinya kita lebih hati-hati," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar