Kamis, 01 November 2012

5 Kera Primata dengan Gaya Rambut Unik

Chales Robert Darwin yang hidup antara tahun 1800 hingga 1882 pernah mengemukakan bahwa hewan, tumbuhan, dan manusia merupakan hasilnya perubahan evolusi dari makhluk hidup yang sangat sederhana pada awal kehidupan di bumi, yang secara perlahan-lahan melalui proses penurunan dengan modifikasi yang akhirnya berkembang menjadi spesies organisme di muka bumi ini, termasuk di dalamnya adalah kejadian manusia.

Namun, kita tidak akan membahas lebih lanjut mengenai teori Darwin tersebut. Kita akan membahas penampilan-penampilan unik dan lucu para primata yang menurut Darwin memiliki kekerabatan dengan manusia ini, khususnya tatanan rambut mereka yang terkadang tidak kalah keren dengan penampilan manusia. Berikut 5 Kera Primata dengan Gaya Rambut Unik:

1. Gaya Rambut Mohawk 
 

Gaya rambut mohawk yang menampilkan tatanan rambut berdiri merupakan salah satu mode rambut yang terkenal di kalangan manusia. Banyak orang yang memakai gaya rambut seperti ini untuk penampilannya, sehingga mereka tampak lebih keren, segar, dan terlihat macho.

Siapa sangka, gaya rambut berdiri ini juga diminati spesies lain di luar manusia. Salah satunya yang memakai gaya ini adalah spesies primata. Beberapa kera kepergok dan terekam kamera menggunakan gaya ini saat tampil di depan umum. Penampilan mereka tentu saja sangat mengundang perhatian dan membuat mereka tampak unik dan lucu. Bahkan tidak tanggung-tanggung, ada seekor kera yang tidak hanya mempertontonkan sebaris rambut berdiri, tetapi dua baris sekaligus atau disebut dengan double mohawk. Tak diketahui dengan pasti apakah mereka lebih percaya diri dengan gaya rambut ini atau tidak.


2. Gaya Rambut Plontos 

Apabila biasanya kaum primata dikenal memiliki bulu yang lebat di sekujur tubuhnya, maka tidak dengan yang satu ini. Ia tampak lebih suka mencukur habis rambut di kepalanya hingga benar-benar plontos.
Primata yang satu ini barangkali mengalami masalah yang juga sering dialami manusia, yaitu kerontokkan, sehingga satu per satu rambut di kepalanya berjatuhan, dan akhirnya ia benar-benar tampil plontos.

Menurut penelitian, kepala botak membuat pria terlihat lebih kuat dan lebih seksi. Mungkin ini merupakan salah satu rahasia yang diketahui para kera untuk menarik perhatian betina mereka.


3. Gaya Rambut Bangun Tidur atau Crazy Hair Do 
 

Konon, banyak yang menyukai gaya rambut berantakan karena pemiliknya jadi terlihat seksi. Tak diketahui bagaimana pengaruh rambut berantakan ini bagi para primata. Beberapa kera tampak menikmati dengan rambut yang seperti baru saja terkena angin ribut itu.

Gaya rambut berantakan membuat orang terlihat natural, berani, energik, dan menyukai tantangan meskipun terlihat agak aneh. Lagi pula tidak perlu menyewa seorang penata rambut untuk menata rambut seperti ini, bahkan sama sekali tidak memerlukan sisir, cukup dengan menggunakan tangan sendiri untuk menatanya. Tidak heran gaya seperti ini banyak diminati para remaja dan kaum muda primata.



4. Gaya Rambut Belah Tengah 
 

Gaya rambut belah tengah merupakan rambut yang dibelah dua bagian sama rata di sisi kiri dan kanan. Dalam dunia penata rambut, gaya ini disebut curtained hair. Para selebriti yang memiliki potongan rambut seperti ini adalah Leonardo Dicaprio dan David Beckham di tahun 90-an dulu, di mana keduanya mengadopsi curtained hair versi belah tengah.

Gaya curtained hair membiarkan rambut agak panjang dan dibelah tengah pinggir atau tengah, sehingga berbentuk seperti gorden rumah yang panjang dan lurus itu. Namun, Karena banyak sekali selebritis luar negeri yang mengadopsi curtained hair versi belah tengah, maka gaya inilah yang menjadi tren di kalangan anak muda pada masa itu.

Ternyata, para kera juga tidak mau kalah. Mereka pun ikut-ikutan membelah rambut mereka di tengah-tengah dahi seperti Leonardo Dicaprio dan David Beckham di masa lalu. Hasilnya, mereka pun tampak modis dan menonjol dibandingkan kaum sejenisnya.



5. Gaya Rambut Poni
 

Gaya rambut poni merupakan gaya klasik yang tak lekang oleh zaman. Sejak dulu, gaya rambut ini kerap menjadi pilihan orang untuk gaya rambutnya. Meski demikian, tentu tidak semua orang cocok dengan gaya seperti ini. Diperlukan saran dari penata rambut sebelum memutuskan mengadopsi gaya ini.

Selama ini poni memang identik dengan gaya rambut yang kekanakan. Model rambut yang dibiarkan menjuntai menutupi dahi sampai sebatas alis ini pun kerap dijadikan alternative gaya rambut untuk menyamarkan sesuatu di wajah. Namun, ada pula perempuan yang memilih poni sebagai trade mark penampilannya.

Nah, poni ternyata juga menjadi pilihan klasik bagi para monyet. Beberapa ekor primata ini tertangkap kamera memakai poni saat bergelantungan di pohon, tetapi apakah mereka tidak takut ketika poninya rusak saat menggapai dahan-dahan yang lebih tinggi?. Apalagi agar poni tetap rapi, rambut yang tepat harus selalu tersisir rapi dan rajin dibersihkan. Sangat tidak cocok untuk primata yang banyak beraktivitas di hutan.



 sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar