Senin, 10 Oktober 2011

Orang Terkaya Di Dunia Sepak Bola

Paling enak jika sudah bicara soal kaya. Berharap jika kita sering membahas tentang kekayaan, suatu hari kita bisa kena getahnya juga dan menjadi kaya. ^^

Orang Terkaya Di Dunia Sepak Bola


Kali ini kita akan membahas tentang orang terkaya di dunia sepak bola. Para penggemar bola tentu sudah tahu nama Roman Ambramovich (pemilik club Chelsea), sebelumnya dia dikabarkan merupakan orang terkaya di dunia sepak bola. Dan saking kayanya pernah dikatakan bahwa Roman Ambramovich ingin membeli tanah di bulan. Sapa ya pemilik tanah di bulan??

Tetapi menurut survey saat ini ternyata Roman Ambramovich bukanlah yang terkaya sekarang di dbunia sepakbola. Melain sekarang adalah Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan, pemilik club Manchester City.  Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan hanya menjadi pemilik MCselama  tiga tahun dan sekarang, saudagar superkaya asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), itu telah menjadi orang paling kaya di dunia sepak bola.

Enak bukan bahas tentang "Kaya"? bayangkan jika memiliki 1% aja. hehe... lanjut...

Kekayaannya lebih besar dibanding para taipan yang lama mapan malang melintang di sepak bola Inggris, seperti Roman Ambramovich (Chelsea) dan Lakshmi Mittal (Queens Park Rangers). Hal tersebut terungkap di majalah Inggris, FourFour Two, Rabu (5/10).

Sheikh Mansour, yang juga anggota keluarga Al-Nahyan, pengusaha kota Abu Dhabi, diyakini memiliki kekayaan senilai 20 miliar poundsterling (sekitar Rp 275 triliun). Namanya mencuat setelah membeli klub Manchester City, yang digelontori dana lebih dari 300 juta poundsterling (Rp 4,1 triliun).

Dibanding dengan kekayaannya yang melimpah ruah itu, dana suntikan ke City itu tidak ada apa-apanya. Namun, sikap royal dengan memboyong segudang pemain bintang ke klub Manchester City membuat banyak kalangan terkagum.

Sheikh Mansour mulai memetik hasil. Selain ketenaran, City kini diperhitungkan tidak hanya di Inggris, tetapi juga di Eropa. Musim lalu, tim asuhan Pelatih Roberto Mancini itu menjuarai Piala FA dan musim ini lolos ke Liga Champions meski belum meyakinkan.

Di Liga Inggris, City kini juga menjadi pesaing kuat rival sekota, Manchester United. Sheikh Mansour adalah saudara penguasa Abu Dhabi yang kaya raya sejak penemuan sumber- sumber minyak di kota itu pada tahun 1958. Total kekayaan keluarga penguasa Abu Dhabi itu ditaksir mendekati 400 miliar poundsterling (Rp 5.482 triliun).

Sheikh Mansour menikah dengan putri penguasa Dubai, Sheikha Manal bin Mohammed bin Rashid Al-Maktoum. Di negara- nya, dia juga politisi berpengaruh, anggota kabinet pemerintah federal, dan Menteri Urusan Kepresidenan UEA.

Dia terkenal penggemar olahraga, seperti sepak bola. Selain menjadi pemilik Manchester City, dia juga bos klub sepak bola Al Jazeera dan Badan Otoritas Balap Kuda UEA.

Usmanov nomor dua Di bawah Sheikh Mansour, dalam daftar orang terkaya di dunia sepak bola itu tertera nama pemegang saham Arsenal, Alisher Usmanov. Kekayaan Usmanov ditaksir senilai 12,4 miliar poundsterling (Rp 170,2 triliun). Mittal berada di peringkat ketiga dengan kekayaan senilai 11,8 miliar poundsterling, dan Abramovich di peringkat keempat dengan kekayaan 10,3 miliar poundsterling.
Melalui survei, FourFourTwo juga mengungkapkan, pemilik baru Liverpool, John Henry, menghabiskan 7,5 juta poundsterling untuk memperoleh satu poin di Liga Inggris yang diperoleh saat dia membeli klub Liverpool (Oktober 2010) hingga akhir musim.

Ongkos yang dikeluarkan Henry untuk satu poin Liverpool itu 2 juta poundsterling, lebih banyak daripada yang dikeluarkan Sheikh Mansour untuk Manchester City.

Di kalangan pemain, mantan kapten Inggris David Beckham memperoleh tambahan kekayaan 35 juta poundsterling sehingga berjumlah total 135 juta poundsterling. Hal ini membuat suami Victoria, mantan anggota grup musik Spice Girls, menjadi pemain terkaya atau masuk peringkat ke-42 dalam daftar orang terkaya di sepak bola yang disusun FourFourTwo.

Untuk pemain, di bawah Beckham, peringkat terkaya kedua hingga kelima secara berurutan adalah pemain Manchester United Michael Owen, Rio Ferdinand, Ryan Giggs, dan Wayne Rooney. Untuk kategori pelatih, pelatih timnas Inggris asal Italia Fabio Capello menjadi pelatih sepak bola terkaya dengan kekayaan 38 juta poundsterling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar