Jumat, 28 September 2012

Fitur Andalan Blackberry 10 Untuk Memikat User Android dan iPhone

Saat ini bisa dibilang pamor smartphone BlackBerry sedang kalah dari pesaingnya, Google dengan Android-nya dan Apple dengan iPhone-nya, Dan menyebabkan pengguna Blackberry beralih ke smartphone lain. Namun, kondisi ini diyakini, oleh petinggi produsen BlackBerry, akan segera berakhir.

CEO Research In Motion (RIM) Thorsten Heins sangat yakin sistem operasi BlackBerry 10 dapat mencuri pangsa pasar dari para pesaing, yang berarti Android dan iPhone. 

Fitur Andalan Blackberry 10 Untuk Memikat User Android dan iPhone
Justin Sullivan/Getty Images/AFP

Ini berarti, RIM yakin dapat menggoda pengguna Android dan iPhone untuk beralih ke smartphone BlackBerry dengan OS BB10.
Dalam konferensi tiga bulanan perusahaan dan investor, Kamis (27/9/2012), Heins juga mengatakan, BlackBerry 10 akan menarik perhatian konsumen baru untuk smartphone.

Pada awal 2013 mendatang, RIM rencananya menghadirkan terlebih dahulu smartphone BlackBerry 10 untuk segmen konsumen menengah ke atas.

Heins juga mengisyaratkan, smartphone segmen menengah ke bawah juga akan hadir tahun depan.

"Kami sedang mengerjakan sebuah konsep untuk entry level. Anda mungkin akan melihat produk entry level tahun depan," ucap Heins.

Untuk saat ini, RIM merasa puas dengan ketersediaan smartphone bersistem operasi BlackBerry 7, yang dapat menjangkau segmen menengah ke bawah dan menengah ke atas.

RIM telah memperkenalkan sistem operasi BlackBerry 10 dalam acara BlackBerry World di AS, Mei lalu. Sistem operasi ini mengalami perubahan signifikan jika dibandingkan dengan BlackBerry 7. Tiga fitur yang diandalkan meliputi software kamera seperti "mesin waktu," papan ketik pintar, dan multi-tasking sebagai berikut :

1. Berpindah aplikasi dengan mulus bagai "arus"

BB10 - Berpindah aplikasi dengan cepat

Salah satu hal yang paling membedakan BB10 dengan sistem operasi BlackBerry sebelumnya, yaitu pengguna yang ingin beralih aplikasi tidak harus kembali terlebih dahulu ke tampilan layar utama.

Pengguna dapat melihat dan memilih aplikasi yang berjalan di background dengan cara menarik menu dan window dari samping layar. Perpindahan antar aplikasi dengan "smooth", tanpa jeda.

Seperti terlihat pada gambar di atas, Anda bisa membuka inbox, isi pesan, dan lampirannya (file PDF) dalam satu tumpukan yang tertata rapih. Semuanya dapat ditarik sesuai keinginan Anda.

"Tidak ada yang memiliki waktu untuk keluar dari aplikasi setiap kali mereka ingin berganti aplikasi. Kami ingin menggunakan paradigma yang mudah dan cepat," kata Heins.

2. Software kamera "mesin waktu"

BB10 - Software kamera mesin waktu

Jika Anda memotret seorang teman dengan senyum yang indah dan pencahayaan yang baik, namun kelopak matanya tertutup sehingga merusak estetika foto, apakah Anda akan menghapus foto tersebut?

Dengan software kamera di BB10, Anda tak perlu menghapus foto tersebut karena Anda bisa mengembalikan waktu untuk memilih gambar terbaik ketika kelopak mata teman belum tertutup, bahkan ketika Anda belum menekan tombol rana. Ya, software kamera ini memang seperti mesin waktu di mana Anda dapat mengembalikan momen.

Besar kemungkinan, software kamera BB10 sudah merekam gambar beberapa saat sebelum tombol rana ditekan.

3. Keyboard virtual "pintar"

BB10 - Keyboard virtual pintar

Saat keyboard virtual BB10 digunakan untuk mengetik, keyboard akan memprediksi kata berikutnya yang akan Anda ketik. Kata-kata prediksi yang disebut RIM sebagai word suggestions ini, akan muncul di atas tombol huruf awal kata tersebut.

Jika Anda ingin menggunakan kata prediksi itu, maka tinggal menyentuh sambil menariknya ke atas. Jumlah kata prediksi yang muncul akan berbeda setiap waktunya, bisa 3 kata, 5 kata, atau bahkan lebih.

Nampaknya, BB10 memang didesain untuk menandingi iPhone, Android dan Windows Phone yang didominasi oleh perangkat berlayar sentuh.

Pihak RIM mengatakan, BB10 akan tersedia pada akhir tahun 2012. RIM telah memastikan bahwa tablet BlackBerry PlayBook akan mendapat BB10.

Namun, RIM belum mengumumkan smartphone BlackBerry tipe apa saja yang mendukung dan bisa di-upgrade ke BlackBerry 10. 


Berikut ini video demonstrasi 3 fitur menarik dari BlackBerry 10:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar